Tuesday 13 February 2018

Troubleshooting LAN

--


1.Deteksi Kesalahan

Ada dua pendekatan untuk deteksi kesalahan :

  1. Forward Error Control
Dimana  setiap  karakter  yang  ditransmisikan  atau  frame  berisi  informasi  tambahan
(redundant)  sehingga  bila  penerima  tidak  hanya  dapat  mendeteksi  dimana  error  terjadi,
tetapi juga menjelaskan dimana aliran bit yang diterima error.

  2. Feedback (backward) Error Control
Dimana  setiap  karakter  atau  frame  memilki  informasi  yang  cukup  untuk
memperbolehkan  penerima  mendeteksi  bila  menemukan  kesalahan  tetapi  tidak
lokasinya.  Sebuah  transmisi  kontro  digunakan  untuk  meminta  pengiriman  ulang,
menyalin informasi yang dikirimkan.
Feedback error control dibagi menjadi 2 bagian, yaitu :
1. Teknik yang digunakan untuk deteksi kesalahan
2. Kontrol algoritma yang telah disediakan untuk mengontrol transmisi ulang.



2.IEEE lapisan MAC 48-bit Addressing
MAC Address (Media Access Control Address) adalah sebuah alamat jaringan yang diimplementasikan pada lapisan data-link dalam tujuh lapisan dalam model layer OSI , yang merepresentasikan sebuah node tertentudalamjaringan. Dalam sebuah jaringan berbasis Ethernet, MAC address merupakan alamat yang unik yang memiliki panjang 48-bit (6 byte) yang mengidentifikasikan sebuah komputer, interface dalam sebuah router, atau node lainnya dalam jaringan. MAC Address juga sering disebut sebagai Ethernet address, physical address, atau hardware address.IEEE adalah sebuah organisasi profesi nirlaba yang terdiri daribanyak ahli di bidang teknik yang mempromosikan pengembangan standar-standar dan bertindak sebagai pihak yang mempercepat teknologi-teknologi baru dalam semua aspek dalam industri dan rekayasa (engineering), yang mencakup telekomunikasi, jaringan komputer, kelistrikan, antariksa, dan elektronika.




3.Transparan bridging ,switching operasi dan pemecahan masalah
Transparent bridging ditemukan pertama kali di dalam lingkungan Ethernet dan source-route bridging dalam lingkungan Token Ring. Translational bridging menyediakan penerjemahan antara format dan transmisi antar lingkungan yang berbeda (umumnya antara Ethernet dan Token Ring). 
Terakhir source-route transparent bridgingmengkombinasikan algoritma dari transparent bridging dan source-route bridging untuk memudahkan bridging dalam lingkungan campuran Ethernet dan Token Ring.



4.Switch sebagai multiport jembatan
 Switch sebagai multiport jembatan Switch dikatakan sebagai multi-port bridge karena mempunyai collision domain dan broadcast domain tersendiri, dapat mengatur lalu lintas paket yang melalui switch jaringan. Cara menghubungkan komputer ke switch sangat mirip dengan cara menghubungkan komputer atau router ke hub. Switch dapat digunakan langsung untuk menggantikan hub yang sudah terpasang pada jaringan.
Switch dikatakan sebagai  multi-port  bridge  karena mempunyai  collision domain  dan  broadcast domain  tersendiri, dapat mengatur lalu lintas paket yang melalui switch jaringan. Cara menghubungkan komputer ke switch sangat mirip dengan cara menghubungkan  komputer  atau  router  ke  hub. Switch dapat digunakan langsung untuk menggantikan hub yang sudah terpasang pada jaringan.



5.Studi kasus: Sebuah krisis jaringan diaktifkan
Dalam jaringan circuit switched, jalur khusus diukir dari jaringan yang lebih besar
untuk membentuk jalur komunikasi. Ini jalur atau sirkuit diatur oleh sinyal,
diciptakan ketika anda ingin berkomunikasi dan dihentikan pada saat komunikasi
berakhir. Selama waktu ini, jalan secara eksklusif milik Anda. Telepon
panggilan adalah contoh yang baik dari sebuah jaringan yang lebih besar. Telepondiaktifkan publik
jaringan (PSTN) mengalokasikan jalur untuk panggilan Anda. Ketika Anda menutuptelepon,
sirkuit diakhiri dan dimasukkan kembali di kolam renang untuk penelepon berikutnyauntuk digunakan.
Jaringan circuit switched sangat efektif tetapi juga sangat tidak efisien.
Saat panggilan telepon Anda, sirkuit yang didedikasikan untuk Anda gunakanbahkan bila tidak ada
satu sedang berbicara. Pemborosan sumber daya ini mirip dengan mengalokasikansebuah jalur pada
jalan raya untuk digunakan dengan tidak ada orang lain diijinkan untuk menggunakanjalur sampai Anda memiliki
mencapai tujuan Anda.

                                                            NAMA : DOVANDI BURMAN LENKA

 DAFTAR PUSTAKA

modulsmktkj.blogspot.com/2016/09/pemecahan-masalah-data-link-layer-lan.html
https://mahmudiuye.blogspot.co.id/2015/08/deteksi-dan-koreksi-kesalahan.html
https://dickysosd.blogspot.co.id › troubleshooting
http://ajiaulia8.blogspot.co.id
abimmancunian.blogspot.com/2016/08/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html





 Pengenalan Operasi Router
Router adalah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui  proses yang dikenal sebagai routing.

Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch.

Jenis – Jenis Router :
1. Router Aplikasi
Pengertian Router aplikasi adalah aplikasi yang dapat kita instal pada sistem operasi, sehingga sistem operasi tersebut akan memiliki kemampuan seperti router.

2. Router Hardware
Pengertian Router Hardware adalah sebuah hardware yang memiliki kemampuan seperti router, maka dengan hardware tersebut anda dapat membagi IP Address, Router hardware dapat digunakan untuk membagi jaringan internet pada suatu wilayah, misalnya dari router ini adalah access point.

3.  Router PC
                 Pengertian dan fungsi Router PC adalah sebuah komputer yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga dapat digunakan sebagai router.

·  *   Protokol Lapisan Jaringan
 Protokol merupakan sebuah rule, prosedur dan pengaturan sejumlah operasi peralatan komunikasi data, dalam komunikasi data, aturan-aturan meliputi cara membuka hubungan, mengirim paket data, menginformasi jumlah data yang diterima, dan meneruskan pengiriman data
Application Layer       : menyediakan layanan untuk aplikasi misalnya transfer file, email, akses                                       Suatu komputer atau layanan.

Presentation Layer      : bertanggung jawab untuk menyandikan informasi. Lapisan ini                                             membuat dua host dapat berkomunikasi.

Session Layer              : membuat sesi untuk proses dan mengakhiri sesi tersebut.

Transport Layer           : lapisan ini mengatur pengiriman pesan dari hos-host di jaringan.

Network Layer            : lapisan bertanggung jawab untuk menerjemahkan alamat logis jaringan                           ke alamat fisik jaringan.

Data Link Layer          :lapisan data link mengendalikan kesalahan antara dua komputer yang                               berkomunikasi lewat lapisan physical.

Physical Layer            : lapisan physical mengatur pengiriman data berupa bit lewat kabel.



·  *   Studi Kasus  : Paket Ip lokal dialihkan
Pengertian NAT (Network Address Translator) menurut wikipedia adalah suatu metode untuk menghubungkan lebih dari satu komputer ke jaringan internet dengan menggunakan satu alamat IP. Metode ini digunakan karena ketersediaan alamat IP yang terbatas, kebutuhan akan keamanan (security) jaringan lokal, dan kemudahan serta fleksibilitas dalam administrasi jaringan.
NAT bekerja dengan mengalihkan suatu paket data dari suatu alamat IP ke alamat IP lainnya. Ketika suatu paket dialihkan maka NAT akan mengingat dari mana asal paket dan kemana tujuan paket itu. Dan ketika ada paket kembali maka NAT akan mengirimkannya ke asal paket. Dengan kata lain host hanya akan menerima paket yang dikirim atau yang dimintanya sehingga komunikasi dapat berjalan dengan baik.
        Jaringan lokal (LAN) yang menggunakan NAT disebut dengan natted jaringan. Di MikroTik NAT dapat digunakan untuk komunikasi internal dan komunikasi eksternal. Maksudnya pengalihan data dapat dilakukan untuk paket yang berasal dari jaringan natted (internal) ke jaringan luar (eksternal) atau dari jaringan luar menuju jaringan natted. Atau kita sebut saja komunikasi dua arah dari dan ke jaringan natted (internal).

·  *   Intenet Control Message Protokol (ICMP) format Paket dan Operasi
adalah salah satu protokol inti dari keluarga protokol internet. ICMP utamanya digunakan oleh sistem operasi komputer jaringan untuk mengirim pesan kesalahan yang menyatakan, sebagai contoh, bahwa komputer tujuan tidak bisa dijangkau.
ICMP berbeda tujuan dengan TCP dan UDP dalam hal ICMP tidak digunakan secara langsung oleh aplikasi jaringan milik pengguna. salah satu pengecualian adalah aplikasi ping yang mengirim pesan ICMP Echo Request (dan menerima Echo Reply) untuk menentukan apakah komputer tujuan dapat dijangkau dan berapa lama paket yang dikirimkan dibalas oleh komputer tujuan.

·    *Studi Kasus : Tips Menggunakan Trace Route
Tracert singkatan dari traceroute, yakni tool untuk menampilkan jalur atau routing perjalanan packet komunikasi antara komputer kita dengan komputer (server) lain. Tool ini akan menampilkan jumlah hop (router) yang dilalui ketika menuju server target. Opsi yang digunakan : tracert ipserver/domain, tracert –d ipserver/domain.




  •    Review Pengenalan protokol ftp dan sftp

FTP adalah protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang menggunakan TCP koneksi bukan UDP. Dua hal yang penting dalam FTP adalah FTP Server dan FTP Client.
FTP server adalah suatu server yang menjalankan software yang berfungsi untuk memberikan layanan tukar menukar file dimana server tersebut selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapat permintaan (request) dari FTP client.
FTP client adalah computer yang merequest koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file. Setelah terhubung dengan FTP server, maka client dapat men-download, meng-upload, merename, men-delete, dll sesuai dengan permission yang diberikan oleh FTP server.  
Pengenalan protocol SFTP
Singkatan Secure File Transfer Protocol, SFTP adalah metode mentransfer file antar komputer melalui SSH aman aliran data aman. SFTP dalam hal komputasi mengacu pada SSH File Transfer Protocol, atau dikenal sebagai Secure File Transfer Protocol, yang merupakan protokol jaringan yang dirancang untuk menawarkan manajemen file, transfer file, dan fungsi akses file lebih setiap aliran data diandalkan atau saluran.
Ini juga merupakan kemajuan besar dari pendahulunya, FTP (File Transfer Protocol), yang digunakan untuk menjadi standar dalam file transferensi antara dua komputer selama era dialup dan sebelum era broadband. Dibandingkan dengan protokol SCP sebelumnya, yang memungkinkan hanya transfer file, protokol SFTP memungkinkan untuk berbagai operasi pada file remote – itu adalah lebih seperti sebuah protokol sistem file jarak jauh

  • ·     Review Instalasi dan Konfigurasi ftp dan sftp

Konfigurasi FTP .
1. Install terlebih dahulu proftpd, dengan cara #apt-get install proftpd
2. Pilih standalone, lalu Ok.
3. Edut file /etc/proftpd/proftpd.conf, dengan cara #nano /etc/proftpd/proftpd.conf.

4. Tambahkan kalimat berikut di baris paling bawah.
   <Anonymous /home/aku/>
   User aku
   </Anonymous>
5. Tambahkan user, dengan perintah #adduser aku

6. Isikan password dll. 
7. Kemudian restart agar bisa mengetahui langkah anda benar atau tidak. dengan cara #service proftpd restart
8. Cek di browser anda, dengan cara ketikkan ftp://192.168.24.2
9. Masukkan user dan password anda.
10. Jika muncul seperti ini berarti sudah berhasil.

Konfigurasi SFTP
1.ketik perintah
2.sudo apt-get install python-pythoncard 
3.ketik perintah
4.sudo apt-get install python-paramiko
5.masuk ke direktori tempat anda mendownload aplikasi FTPcube kemudian ketik
6.tar xvzf ftpcube-0.5.1.tar.gz 
7.kemudian masuk kedirektori ftpcube ketik
8.cd ftpcube-0.5.1/
9.install ftpcube dengan mengetik
10.sudo python setup.py install 
11.setelah proses instalasi selesai untuk memulai memakai aplikasi pada terminal ketik ftpcube



PEMECAHAN MASALAH FTP SERVER

Troubleshooting pada FTP. Pesan error Login incorrect. Dari pesannya saja sudah jelas bahwa ada masalah saat memasukkan username dan password. Coba cek kembali username dan password dengan teliti, jika masih bermaslah coba buat user baru untuk mengakses FTP. Solusi lainnya adalah dengan mengubah metode login dengan metode Anonymous yang tidak memerlukan username dan password. Pesan error Login Incorrect masih muncul sedangkan username dan password sudah benar. Masalah ini terjadi karena saat pembuatan user directory yang diarahkan salah. Misalnya saat membuat directory untuk FTP terletak pada /home/share sedangkan saat menambahkan user, syntax yang dimasukkan adalah “useradd –d /share/ ftp” yang mana syntax tersebut mengarahkan ke direktory share yang terletak pada root (/) sedangkan didalam root tidak ada directory share. Maka seharusnya syntax yang dimasukkan adalah “useradd –d /home/share/ ftp”. Tidak bisa mengakses file yang ada dalam FTP
                       

                        NAMA : DOVANDI BURMAN LENKA